Proses terbentuknya Batumulia

    

Batu mulia adalah semua jenis mineral dan batuan yang mempunyai sifat fisik dan kimia yang khas, serta digunakan untuk perhiasan dan bahan dekorasi. Definisi batu mulia sulit ditentukan dalam batasan yang jelas/ pasti, tetapi lebih banyak didasarkan atas nilai penting dalam dunia perdagangan. Bahkan saat ini istilah batu mulia sudah mulai diterapkan juga kepada seluruh mineral dan batuan, yang apabila diproses melalui pemotongan atau pembentukan dan penggosokan dapat dijadikan batu hias. Dengan demikian, jenis batu mulai pun semakin banyak dan bervariasi.

Mula-mula batu mulia tidak jauh berbeda dengan pembentukan batuan atau mineral secara umum oleh karena itu, pembentukan batu mulia mungkin saja terjadi melalui proses diferensiasi magma, proses metamorfosa, atau sedimentasi.

Kegiatan penambangan berbagai jenis batu mulia hanya dilakukan oleh rakyat setempat secara tradisional, kecil-kecilan, sederhana, dan kadang-kadang bersifat sampingan/ sambilan. Hampir tidak ada atau bahkan tidak ada sama sekali kegiatan penambangan berskala besar, menggunakan peralatan mekanis, dan ditekuni sebagai usaha tetap. Metode penambangan biasanya digunakan tambang dalam (underground mining). Kedalaman maksimum sumuran adalah 35 m, dan menggunakan peralatan manual.

Batu mulia biasanya dijadikan perhiasan, misalnya mata cincin, giwang, liontin, gelang, profil hewan atau tumbuh-tumbuhan, tea set, asbak, vas bunga, plaket dan batu alami.

Pemasaran batu mulia baik di dalam negeri maupun manca Negara menunjukkan grafik meningkat dikarenakan banyaknya individu yang menyenangi perhiasan batu mulia.

About these ads

2 responses to “Proses terbentuknya Batumulia

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s