Ekspedisi Gunung Slamet Jawa Tengah

EKSPEDISI GUNUNG SLAMET ( Pendakian 6 jalur )

 

Puncak Gunung Slamet dilihat dari Gambuhan, Pemalang

Gunung Slamet (3.428 meter) adalah gunung berapi yang terdapat di Pulau JawaIndonesia. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Brebes,BanyumasPurbalinggaKabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, dan merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Terdapat empat kawah di puncaknya yang semuanya aktif.

Terdapat 6 Jalur pendakian yang ada di Gunung Slamet :

Bambangan, Purbalingga (17 – 19 Juni 2011 ). Jalur ini merupakan jalur pendakian normal ke Gunung Slamet. relatif landai dan terdapat 9 Pos Pendakian.

Puncak 3428 jalur bambangan

Baturraden, Banyumas (30 September – 2 Oktober 2011). Jalur ini paling sering didaki dan menjadi favorit setelah bambangan. di kaki gunung terdapat kawasan wisata Baturraden. Pendaki yang turun dari jalur ini dapat menikmati mandi air panas di kawasan wisata. Jalur pendakian agak terjal dan terdapat 4 pos pendakian.

Start awal pendakian jalur Baturraden

Jalur Guci, Tegal (30 Sept – 2 Okt 2011).  Jalur ini juga mempunyai daya tarik sendiri bagi para pendaki. selain terdapat lokawisata layaknya di Baturraden, jalur ini juga terdapat binatang langka yang terdapat di ketinggian 2500 mdpl.

 pos 5 jalur guci

Jalur Dk Liwung, Gambuhan, Pemalang (6 – 9 April 2012).  Terdapat 3 jalur pendakian dari kaki gunung dan dipertemukan jadi 1 Jalur pada Pos 2. Jalur-jalur tersebut adalah Gambuhan, Dukuh Liwung, dan Jurangmangu.

 Basecamp pendakian

Jalur Kaliwadas, Brebes ( 8 -12 Januari 2007). jalur Kaliwadas merupakan jalur yang jarang dilalui bagi para pendaki, selain butuh waktu panjang, jalur disini juga butuh tenaga yang ekstra.

Pondok Growong, jalur kaliwadas

Jalur Kalipagu, Banyumas ( 24 – 28 Maret 2011 ). Mungkin para pendaki belum pernah mendengar jalur ini dalam pendakian ke Puncak Slamet. Kalipagu lebih sering dikenal tempat camping bagi para penggiat alam. Jalur ini pertama kali dirintis oleh tim UPL pada tahun 2007, setelah itu dari wanadri pada tahun 2011, dan yang terbaru oleh tim kami masih d thun 2011. mendapat referensi dari kakak2 kami di UPL, tim berangkat dengan tekad dan berusaha mengenal jalur tersebut. dalam pendakian kali ini banyak sekali menguras tenaga, karena hampir jalur disini terhapus oleh semak2 yang tumbuh mengingat lama tidak terjamah. akhirnya tim berhasil menyelesaikan ekspedisi ini selama 5 hari.

Pos ngasal jalur Kalipagu

 

Suatu pengalaman berharga bisa mengenal alam, teruslah mengeksplorasi alam dengan bijak.Sigit/363

2 responses to “Ekspedisi Gunung Slamet Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s